Jumat, 06 Februari 2015

Si Cantik Dari Bambu

Indonesia memiliki kekayaan alam yang sangat berlimpah, kekayaan tersebut dapat dimanfaatkan keanekaragamanya. Dengan membuat kerajinan, kerajinan dapat dibuat dengan kekayaan alam.
Dengan tujuan untuk membuat barang-barang fungsional yang digunakan untuk kehidupan sehari-hari

Oke Guys... kali ini saya akan membahas kerajinan tangan dari bambu.
Nah, bambu sendiri merupakan kerajinan Bahan Keras Alami.

Bahan keras alami adalah bahan yang diperoleh secara alami yang bersifat keras tanpa adanya campuran dari zat-zat lain. Umumnya, kerajinan dari bahan keras alami lebih kuat,  awet, serta harganya pun Terjangkau.

Contohnya:
•meja
•kursi
•lemari

Adapun cara-cara untuk membuat meja dari bambu:

Seperi biasa guys, langkah pembuatan meja ini saya masih mengutip artikel dari blog lain. hehe


Kita siapkan peralatan, antara lain:

1. Gergaji kayu untuk memotongbambu menjadi potongan-potongan sesuai ukuran yang dikehendaki.
2.parang untuk memotong bambu dan membersihkan cabang di setiap ruas bambu,Palu/pukul besi untuk memasang paku pada saat pengikatan menggunakan rotan tali,Tang digunakan pada saat pengikatan rangka bambu dengan rotan tali,Tatah untuk merapikan batang bagian dalam setelah dilakukan pemotongan dan membuat lobang untuk pembuatan engsel dan pasak,
3. Bor kayu untuk membuat lobang. Penggunaan bor ini (satu-satunya mesin yang ada) agar bambu tidak mudah patah/retak pada saat membuat lobang,Meteran untuk membuat ukuran-ukuran sebelum batang bambu dipotong,Tatah ukir untuk membuat ornamen ukiran pada sandaran kursi dengan motif binatang, pemandangan atau bunga,Pisau raut untuk membersihkan kulit batang bambu yang telah dibuat ornamen ukir sehingga motif ornamen atau ukiran akan terlihat lebih nyata,Kuas digunakan pada saat finshing mebel bambu untuk memberikan lapisan vernis atau melamin pada setiap permukaan mebel.Kemudian bahan yang kita butuhkan, antara lain:
a. Bahan Baku
Bahan baku yang banyak digunakan untuk membuat mebel bambu adalah bambu wulung/hitam (Gigantochloa verticillata), yang memiliki rata-rata ketinggian hingga 15 meter dengan panjang ruas 40-50 cm dan diameter +8 cm serta ketebalan batang +8 mm. Dengan penanganan yang baik selama proses pengeringan dan pengawetan maka bambu wulung dapat bertahan lebih dari 10 tahun.
Adapun batang bambu yang tidak terpakai dalam proses produksi mebel bambu adalah:
sepanjang 1 meter dari pangkal bambu karena relatif bengkok dengan ruas pendek. Bagian ini kadang bias digunakan untuk kerajinan asbak dan vas bunga.batang bambu diatas 7,25 m dari pangkal bambu karena memiliki diameter batang yang kecil dan cenderung melengkung. Batang bambu ini dapat digunakan sebagai bahan baku anyaman besek.b. Bahan Pembantu
Tali Rotan merupakan bahan pembantu utama dalam pembuatan mebel bambu yang difungsikan sebagai pengikat sendi-sendi maupun pengikat iratan tempat duduk, sandaran kursi dan alas meja. Pemilihan rotan sebagai bahan pengikat dengan pertimbangan bahwa rotan memiliki struktur bahan yang liat dan kuat, memiliki ketahanan yang lama serta memiliki nilai seni tersendiri. Dalam pembuatan mebel bambu, terdapat 3 (tiga) jenis rotan yang digunakan, yaitu :
Rotan Tali, digunakan untuk mengikat setiap sendi/siku dalam mebel bambu;Rotan Gelondong, digunakan untuk mengikat dan mempercantik pelupuh/papan bambu pada sandaran kursi;Rotan Antik, digunakan untuk mengikat iratan yang telah disusun menjadi pelupuh pada alas kursi dan alas meja.Bahan-bahan penolong lain yang banyak digunakan adalah ampelas, paku, kuas, vernis, melamin/impra dan tinner super.


Itu adalah penjelasan dari bahan keras alami  yang bersifat fungsional.

Bambu tidak hanya untuk benda fungsional tetapi bosa sebagai hiaasan
Dirumah,kantor, dan tempat lainnya..
Selanjutnya saya akan memberi tips bagaomaa membuat

 HIASAN DINDING CANTIK.

Bahan yang diperlukan:

•bambu
•cat
•papan kayu
•paku
•palu
•cermin

Cara membuat:

1. Buat kotak persegi dari papan kayu untuk alas bambu
2. Cat papan kayu betwarna hitam
3. Buat wadah bohlam lampu didalam kotak.  Minimal 3 buah atau lebih
4. Tempelkan cermin di sisi papan kayu. Cermin berguna untuk memantulkan cahaya lampu agar lebih terang.
5. Beri pasir di dalamnya
6. Terakhir masukan bambu kedalam kotak dan ntalakan lampunya.


Nah.. cantikan? Untuk bemda hias cantik tidak perlu mahal...
Jika kita kreatif kita bisa membuatnya sendiri.
SEMOGA BERMANFAAT

Tidak ada komentar:

Posting Komentar